Jumat, 20 Mei 2016

Sejarah Singkat Kampung Sinar Resmi

sumber : http://www.dompetdhuafa.org
gambar Rumah Ketua Kasepuhan
               Setelah tanggal 2 Februari pada saat Abah Ujat itu tilem ( meninggal dunia ), disaat itu juga langsung abah yang memipin Kasepuhan ini. Pada awalnya nama Kaspeuhan Sinar Resmi itu adalah “Sirna” belum menjadi “Sinar” teatpi mengandung arti yang sama yaitu desa. Desa Sinar Resmi dan Kasepuhannya pun Sinar Resmi, sebelum menjadi kasepuhan yaitu ka’olotan cikaren. Abah berada di tempat ini sejak tahun 59.Tetapi pusatnya berada di jawa barat keluarga di Banten. Ada istilah “incu putu” yaitu ada satu kewajiban yang disebut dengan balik tahunan (bulak-balik tahun), sebelumnya harus cerita ke abah. Disebut buku tahun sandibulan. Kumpulnya seleruh keluarga abag di sukabumi Desa Sinar Resmi Cisolok.


Kesepuhan Sinar Resmi terletak di Desa Sinar Resmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi yang terletak diantara perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Banten. Kasepuhan Sinar Resmi termasuk kategori daerah Adat yang dikenal dengan sebutan “Kesatuan Adat Banten Kidul Kasepuhan Sinar Resmi”. Awal mulanya, abah Agus Nugraha adalah keturunan ke-10.  Kesepuhan Adat ini meliputi tiga kabupaten yaitu:
1.      Kabupaten Sukabumi (Provinsi Jawa Barat)
2.      Kabupaten Bogor (Provinsi Jawa Barat)
3.      Kabupaten Lebak (Provinsi Banten)

Kampung adat yang menjadi pusat dari ketiga tempat tersebut adalah terdapat di Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Ketua dari kampung Kasepuhan Sinar Resmi saat ini biasa di panggil Abah Asep.Di Kabupaten Bogor itu telah berdiri sekitar sejak abad ke-16 hingga saat ini sudah mencapai 437 tahun. Di Kasepuhan ini yang harus dijaga sampai saat ini adalah pamakayaan. Pamakayaan yaitu pertanian khusu dalam bidang padi, dilarang merubah cara aturan bertani, menanam padi yang sudah diturunkan secara turun-temurun. Seiring dengan perkembangan zaman dan laju pertumbuhan di segala bidang dan menyikapi hal tersebut, maka salah satu program prioritas di lingkungan Kesatuan Adat Banten Kidul mengadakan acara Ritual adat Seren Taun yang merupakan sikap responsif terhadap aspirasi masyarakat adat sekitar Kasepuhan Sinar Resmi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar